Menulis “message” ke user lain di terminal

Bagi yang sering main-main di windows, kayaknya pernah main ginian

C:>net send komputer-name Pesan dari paijo

Tapi bukan maksud saya membahas hal tersebut di sini.. :), hanya pengantar saja..Jadi kalau yang belum pernah, ada baiknya belajar sendiri 🙂 🙂
Sebagai sebuah sistem operasi multiuser, GNU/Linux tentu saja mampu menangani banyak user. Jika kita berada pada mesin yang tidak hanya kita yang memakainya, tapi banyak user lain yang bisa dan aktif memakai, kadang kala kita ingin berkirim pesan (“message”) kepada user yang aktif…
Nah, maksud dari tulisan ini ya itu..belajar berkirim pesan pada user lain (ah, ini sih akal-akalan penulis aja 🙂 ), tapi tidak apa-apa, yang penting buat belajar.
GNU/Linux ternyata sudah menyediakan fasilitasnya.
Ini saya kutipkan sedikit penjelasan dari manual salah satu tool yang akan kita gunakan yakni write

The write utility allows you to communicate with other users, by copying lines from your terminal to theirs.
When you run the write command, the user you are writing to gets a message of the form:
Message from yourname@yourhost on yourtty at hh:mm …
Any further lines you enter will be copied to the specified user’s terminal. If the other user wants to reply, they must run write as well. When you are done, type an end-of-file or interrupt character. The other user will see the message ‘EOF’ indicating that the conversation is over.

Ternyata banyak tool lain yang udah ada di linux, ada talk, wall dan berbagai implementasi sejenis 😦

najwa@debian:~$ w
19:58:00 up  1:53,  6 users,  load average: 0.06, 0.23, 0.20
USER     TTY      FROM              LOGIN@   IDLE   JCPU   PCPU WHAT
najwa    tty7     :0               18:05    1:53m  6:04   0.95s x-session-manager
najwa    pts/0    :0.0             19:16    2:07   0.99s  0.50s top
najwa    pts/2    :0.0             19:18    1:33   0.51s  0.01s vnstat -i ppp0 -l
rosid    pts/3                     19:56   53.00s  1.16s  0.45s -bash
blackshi pts/4                     19:57    8.00s  1.03s  0.45s -bash

Ada beberapa user lokal yang aktif..
sebagai contoh kita akan mengirim rosid pesen agar menyimpan data-datanya yang penting.
Mari kita coba

najwa@debian:~$ write rosid pts/3
write: rosid has messages disabled on pts/3

Ternyata user rosid mendisable messages di terminalnya. Secara default di Debian, memang didisable, hanya bisa oleh user yang punya kemampuan root, atau user mengaktifkannya dengan mesg

najwa@debian:~$ sudo write rosid pts/3
write: warning: write will appear from najwa
Maaf,
Mohon data-data yang penting dibackup dulu
Terima kasih...
Salam

Tekan Ctrl+D untuk mengakhiri pesannya.

Seharusnya user rosid melihat pesan tersebut di terminalnya

rosid@debian:~$
Message from najwa@debian on pts/2 at 06:29 ...
Maaf,
Mohon data-data yang penting dibackup dulu
Terima kasih...
Salam
EOF

🙂 🙂

Advertisements
Comments
6 Responses to “Menulis “message” ke user lain di terminal”
  1. thrvers says:


    wah mantab bro 😀
    tapi bila komputer target tidak menyalakan terminalnya bagaimana??

    THX

  2. blackshirt says:

    maksudnya tidak mengaktifkan mesg-nya… ??
    Jika kita punya akses root, bisa dengan redirection,
    misal

    05:49:24 up 25 min, 3 users, load average: 0.07, 0.35, 0.43
    USER TTY FROM LOGIN@ IDLE JCPU PCPU WHAT
    najwa tty7 :0 05:24 25:42 2:15 0.20s x-session-manager
    rosid pts/0 05:47 1:43 1.23s 0.53s -bash
    najwa pts/1 :0.0 05:47 0.00s 0.49s 2.27s /usr/bin/tilda

    user rosid tidak mengaktifkan mesg (atau mesg is n)
    dengan user root, lakukan redirection
    #mesg y < /dev/pts/0
    akan mengaktifkan mesg user rosid yang lagi aktif..

  3. Pingsut says:

    Kalo chat cuman bermodal IP addres mesin linux kita bs gak di terminal bro? Atau implementasi dari chatting di terminal pake IP, apakah toolnya ad?

  4. ucup says:

    nice gan inponya
    hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: