Masalah dua koneksi ppp0 dan eth0 ….. ?

Pernah mengalami masalah dengan koneksi komputer linux. Komputer terhubung dengan jaringan LAN lokal melalui interface eth0 dan untuk koneksi internetnya menggunakan dial up usb modem melalui interface ppp0.
Saat kedua interface tersebut aktif, dial up modem aktif dan jaringan lan juga aktif, ternyata untuk browsing saja tidak bisa.
Untuk koneksinya menggunakan network-manager bawaan ubuntu..
Pada awalnya, saat kedua interfacenya aktif, terlihat
$ ifconfig
eth0 Link encap:Ethernet HWaddr 00:27:0e:01:d3:98
inet addr:192.168.253.57 Bcast:192.168.253.255 Mask:255.255.255.0
inet6 addr: fe80::227:eff:fe01:d398/64 Scope:Link
UP BROADCAST RUNNING MULTICAST MTU:1500 Metric:1
RX packets:10452 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0
TX packets:603 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0
collisions:0 txqueuelen:1000
RX bytes:1155293 (1.1 MB) TX bytes:70409 (70.4 KB)
Interrupt:27 Base address:0x2000

lo Link encap:Local Loopback
inet addr:127.0.0.1 Mask:255.0.0.0
inet6 addr: ::1/128 Scope:Host
UP LOOPBACK RUNNING MTU:16436 Metric:1
RX packets:945 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0
TX packets:945 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0
collisions:0 txqueuelen:0
RX bytes:121578 (121.5 KB) TX bytes:121578 (121.5 KB)

ppp0 Link encap:Point-to-Point Protocol
inet addr:10.90.166.1 P-t-P:10.64.64.64 Mask:255.255.255.255
UP POINTOPOINT RUNNING NOARP MULTICAST MTU:1500 Metric:1
RX packets:12 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0
TX packets:13 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0
collisions:0 txqueuelen:3
RX bytes:234 (234.0 B) TX bytes:249 (249.0 B)

tapi walaupun eth0 dan ppp0 aktif, ada masalah dengan routingnya.. solusinya cukup simpel.
Pada awalnya tabel routing

$ route -n
Kernel IP routing table
Destination Gateway Genmask Flags Metric Ref Use Iface
10.64.64.64 0.0.0.0 255.255.255.255 UH 0 0 0 ppp0
192.168.253.0 0.0.0.0 255.255.255.0 U 1 0 0 eth0
169.254.0.0 0.0.0.0 255.255.0.0 U 1000 0 0 eth0
0.0.0.0 192.168.253.1 0.0.0.0 UG 0 0 0 eth0

Ternyata default route menggunakan eth0, yang memang jaringan LAN ini tidak terkoneksi ke internet. Solusinya adalah menghapus route default dan menggantinya ke ppp0

$sudo route del default
$sudo route add default ppp0

dan akhirnya bisa konek internet juga πŸ™‚

Advertisements
Comments
6 Responses to “Masalah dua koneksi ppp0 dan eth0 ….. ?”
  1. Memang saya percaya kalau Akang Blackshirt ini punya kelas beda. Senangnya punya akang FUI kayak begini. Terima kasih banyak, Kang.

  2. saa7_go says:

    aku juga ngalamin seperti kang blackshirt. sempet bingung, sampe menonaktifkan dan mengaktifkan eth0 dulu. ternyata caranya simple begini. Thanks. πŸ˜€

  3. Fahry Ahmad says:

    Misi Numpang Lewat….. Ga maksud apa2 kok…Jgn Marah ya….Pusing gue liat angka2 Bejibun gtu…. susah amad..hehehehe.. Kenapo tidak di seting lewat Modem aja?????????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: