Solusi untuk nmcli yang tidak mau konek lagi…

Saya kadang menggunakan nmcli untuk mengkoneksikan modem USB saya, simpel memang, dengan menggunakan perintah

$ nmcli con up id 'AX'
Active connection state: activating
Active connection path: /org/freedesktop/NetworkManager/ActiveConnection/0
state: activated
Connection activated

dan $ nmcli con down id 'AX' untuk menghentikan koneksi.
Tulisan ini memang berkaitan dengan tulisan saya sebelumnya di sini, karena ada masalah yang saya sendiri belum tahu solusinya dengan tepat, tapi sementara solusi yang saya pakai bisa digunakan oleh saya pribadi, dan mudah-mudahan jika ada yang menemukan solusi yang lebih tepat, bisa berbagi 🙂

Permasalahannya sederhana, yakni setiap kali koneksi modem saya putus (putus dengan sendirinya, mungkin karena gangguan sinyal yang jelek, atau sebab lain, yang jelas bukan karena diputus secara sengaja), perintah nmcli con up id ‘AX’ selalu gagal dan menolak untuk mengkoneksikan kembali, dengan pesan seperti ini

$ nmcli con up id 'AX'
Error: No suitable device found: no device found for connection 'AX'

Saya juga heran, kenapa bisa seperti ini 😦
Kalau koneksi diputus dengan normal dengan nmcli con down id, maka nmcli con up id bisa konek lagi dengan normal, tapi tidak kalau putus sendiri.
Kalau modem dicabut, dan dicolokkan lagi, memang koneksi kembali bisa didapatkan dengan normal, tapi saya rasa itu tidak praktis dan “menguras tenaga” hehehehe.. (lebay mode :on:)

Sementara solusi ini menyelesaikan masalah saya, yakni dengan merestart service network-manager

$sudo service network-manager restart

🙂

Comments
6 Responses to “Solusi untuk nmcli yang tidak mau konek lagi…”
  1. rizaaal says:

    kayaknya hampir semua deh mas. saya konek pake network manager maupun wvdial kalo udah pernah diskonek, gabisa dikonekin lagi kecuali modemnya di cabut colok.

    aku coba dulu pake cara merestart network-managernya 🙂

  2. blackshirt says:

    setahu saya, di tempat ane sih gan, network-manager, maupun wvdial tidak masalah.. bisa selalu konek lagi walaupun sudah putus koneksi, tidak perlu sampai cabut modem segala

  3. Jefry says:

    hal yang sama sering sya alami juga
    teerima kasih atas tips dan solusi-nya
    salam sukses..

  4. Linux says:

    belum pernah makek nmcli, tapi bisa dijadikan referensi. mkasih :3

Leave a Reply

